Penghormatan Terakhir, Danlantamal X Pimpin Upacara Pemakaman Mayor Laut (PM) Marthen Luther Aronggear

Penghormatan Terakhir, Danlantamal X Pimpin Upacara Pemakaman Mayor Laut (PM) Marthen Luther Aronggear

Selasa, 11 Februari 2020, Februari 11, 2020


Upacara pemakaman secara militer terhadap anggota TNI aktif, purnawirawan dan veteran pejuang kemerdekaan merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan atas jasa-jasa selama pengabdian seorang prajurit kepada Bangsa dan Negara.

Oleh karena itu, Lantamal X melaksanakan upacara pemakaman secara militer Almarhum Mayor Laut (PM) Marthen Luther Aronggear yang dipimpin langsung Komandan Lantamal X (Danlantamal X) Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika,  bertempat di Taman Pemakaman Umum (TPU) Kristen Tanah Hitam, Distrik Abepura, Kota Jayapura. Selasa (11/02/2020).

Upacara ini melibatkan pasukan dari Mako Lantamal X, Yonmarhanlan X, Satrol Lantamal X, Kodam XVII/Cenderawasih, Lanud Silas Papare, Yonif Rider 751/VJS dan perwakilan Polda Papua baik perwira, bintara maupun tamtama.

Sebelumnya jenazah Almarhum Mayor Laut (PM) Marthen Luther Aronggear diberangkatkan dari Gedung Serba Guna Jemaat GKI Getsemani Bhayangkara Kota Jayapura dalam sebuah upacara pemberangkatan Jenazah yang dipimpin oleh Wadan Lantamal X Kolonel Laut (P) Eko Wahyono, S.E., M.M., selaku Inspektur Upacara.

Suasana haru menyelimuti TPU Kristen Tanah Hitam, dimana suara tangis keluarga pecah saat jasad  Mayor Laut (PM) Marthen Luther Aronggear dimasukan kedalam liang lahat.

Dalam sambutannya Komandan Lantamal X mengatakan bahwa upacara kebesaran ini dilaksanakan sebagai penghormatan dan penghargaan pemerintah atas jasa darma bakti dan pengabdian almarhum kepada negara dan bangsa semasa hidupnya.

"Kepergian almarhum sungguh sangat mengejutkan dan menimbulkan kesedihan yang mendalam bagi kita semua khususnya bagi keluarga yang ditinggalkan, namun sebagai umat beragama yang percaya kepada kekuasaannya kita harus dapat menerima secara ikhlas karena kepergian almarhum sudah keputusan dan kehendak-Nya.", ungkap Danlantamal X.

Diakhir acara pemakaman Danlantamal X menyerahkan Bendera Merah Putih dan foto almarhum kepada istri dari Mayor Laut (PM) Marthen Luther Aronggear.


Sumber:
https://lantamal10-koarmada3.tnial.mil.id/tabid/84/articleType/ArticleView/articleId/857/De

TerPopuler